Kamis, 30 Maret 2017

RENT CAR SORONG ANJALAS

Call:aldy

HB:082399472500 (WA) 

HB:082199476427 

Tentang Sorong, Papua Barat

Rental Mobil Sorong – kami akan membantu anda untuk mendapatkan informasi tempat sewa/rental mobil di sorong. Sebelum itu, kita ketahui dulu tentang kota Sorong dengan penjelasan sebagai berikut.
Sekitar tahun 1935, pada masa Hindia Belanda, Sorong didirikan sebagai base camp Bataafse Petroleum Maatschappij (BPM) sedangkan pusat pemerintahan didirikan di Pulau Doom.
Setelah penyerahan Irian Barat secara penuh oleh Penguasa Sementara PBB atau UNTEA (United Nations Temporary Executive Authority) kepada pemerintah Republik Indonesia, maka pada tahun 1965 berdasarkan berbagai pertimbangan kemudian diangkat seorang wakil Bupati Koordinator yang berkedudukan di Sorong, dengan tugas:
  1. Mengkoordinir pelaksanaan tugas pemerintahan oleh Kepala Pemerintahan Setempat (KPS) Sorong, Raja Ampat, Teminabuan dan Ayamaru.
  2. Mempersiapkan pemecahan Kota Irian Barat Bagian Barat menjadi 2 (dua) Kota.

Pembagian Wilayah

Pada tahun 1969, dengan selesainya pelaksanaan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) maka perkembangan status dari Kota Administratif menjadi Kota Otonom ini tidak ada perubahan dalam pembagian wilayah dan keadaan sampai dengan akhir tahun 1972 adalah sebagai berikut:
  1. Wilayah Pemerintahan Setempat Sorong dengan ibukota Sorong;
  2. Wilayah Pemerintahan Setempat Raja Ampat dengan ibukota Sorong Doom;
  3. Wilayah Pemerintahan Setempat Teminabuan dengan ibukota Teminabuan;
  4. Wilayah Pemerintahan Setempat Ayamaru dengan ibu kota Ayamaru.
Pembagian wilayah di Sorong seperti tersebut di atas berlaku sampai tahun 1973 saat dilakukannya penghapusan wilayah-wilayah Kepala Daerah Setempat dan sejumlah distrik dan dibentuknya Pemerintahan Wilayah Kecamatan Tahap Pertama Tahun 1973-1974.
Kota Sorong pada mulanya merupakan salah satu kecamatan yang dijadikan pusat pemerintahan Kabupaten Sorong. Namun dalam perkembangannya telah mengalami perubahan sesuai Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 1996 tanggal 3 Juni 1996 menjadi Kota Administratif Sorong. Selanjutnya berdasarkan Undang-Undang no. 45 Tahun 1999 Kota Administratif Sorong ditingkatkan statusnya menjadi daerah otonom sebagai Kota Sorong

Asal mula nama Sorong

SORONG berasal dari kata SOREN, SOREN dalam bahasa Biak Numfor yang berarti laut yang dalam dan bergelombang. Kata SOREN digunakan pertama kali oleh suku Biak Numfor yang berlayar pada zaman dahulu dengan perahu-perahu layar dari satu pulau ke pulau lain hingga tiba dan menetap di Kepulauan Raja Ampat. Suku Biak Numfor inilah yang memberi nama “Daratan Maladum” dengan sebutan SOREN yang kemudian dilafalkan oleh para pedagang Thionghoa, Misionaris clad Eropa, Maluku dan Sanger Talaut dengan sebutan SORONG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RENT CAR SORONG ANJALAS

Sewa Mobil Untuk Perjalanan Dinas Solution sewa mobil Sorong papua barat, Membantu bagi siapa saja yang membutuhkan kendaraan untuk kegia...